Kamis, 17 Januari 2013

Jaringan komputer

Jaringan komputer pada saat ini menjadi komponen penting dalam kelangsungan aktivitas manusia sehari-hari. Tentu rekan sekalian ketahui bahwa sebagian besar aktivitas kita bersinggungan dengan computer. Mulai dari email, undangan meeting, kertas kerja, skripsi, formulir lamaran kerja, bahkan sampai resep masakan, semua dalam bentuk file yang ada di dalam computer. Dari semua aktivitas tersebut, hanya bisa dilakukan jika antara satu dengan yang lain berada dalam jaringan. Di sini lebih khusus dapat dikatakan bahwa computer pengirim dan penerima dapat saling berkomunikasi jika berada dalam jaringan. Itulah kira-kira yang dimaksud jaringan computer. Satu dekade belakangan, kemajuan teknologi sangat berpengaruh banyak terhadap perkembangan jaringan komputer. Dalam postingan kali ini saya coba share “apa sih jaringan computer itu?

Seperti yang telah disebutkan di atas, kondisi saat ini sangat membutuhkan jaringan computer, yaitu bahwa kita dapat saling bertukar data dan resource. Di dalam sebuah jaringan, dapat dimungkinkan pemakaian suatu resource secara bersama-sama oleh beberapa pemakai. Secara sederhana, dalam sebuah jaringan computer, sebenarnya hanya dibutuhkan dua buah computer dengan NIC, dan kabel yang digunakan untuk menghubungkan kedua PC tersebut. Kalo rekans sekalian belum tau apa itu NIC (dan juga istilah2 jaringan lain), don’t kuatir, saya akan informasikan di postingan selanjutnya :). Contoh sebuah jaringan sangat sederhana seperti gambar di bawah .

Namun jaringan di atas hanya dapat dilakukan oleh 2 komputer. Kita bisa membuat sebuah jaringan yang menghubungkan lebih dari 2 komputer.

Gambar di atas menunjukkan sebuah jaringan yang menghubungkan 7 komputer. Ada sebuah perangkat tambahan yang digunakan untuk menghubungkan ketujuh komputer tersebut, yaitu Switch Hub. Penamaan ini sebenarnya lebih ke Hub, namun karena di pasaran perangkat tersebut sangat jarang tersedia, lebih banyak Switch, maka penamaan Hub menjadi switch hub. Tapi maaf sebelumnya, kalo itu jawaban orang-orang yang saya tanya :). Saya juga sering menanyakan ke toko computer, mau beli Hub, namun si pelayan toko menjawab tidak ada Hub dan adanya Switch Hub. Begitu kira-kira yang pernah saya alami.
Lanjut ke bahasan yaa. Maaf belok dikit :).
Hub dan switch merupakan dua perangkat yang berbeda secara fungsi dalam melayani lalu lintas data. Hub bisa dikatakan perpanjangan kabel yang menghubungkan computer satu ke computer lain. Jika menggunakan Hub, data dari sumber langsung dikirimkan ke tujuan tanpa ada pembeda apapun. Pengaruh bandwidth sangat berperan dalam proses transmisi data. Sedangkan switch memiliki fungsi lebih kompleks dibanding Hub. Switch tidak hanya perpanjangan kabel seperti Hub, namun ada fungsi lain diantaranya pengaturan pembagian bandwidth untuk masing2 komputer yang dilayani, pengaturan jalur akses dan informasi yang diterapkan di masing2 port, dan masih banyak lagi. Disinilah perbedaan antara Hub dan Switch. Keduanya mirip namun berbeda kemampuan.
Dari contoh di atas, jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih menggunakan Switch Hub sebagai medianya disebut Local Area Network (LAN). Dari gambar di atas dapat dijelaskan komponen pada masing-masing perangkat yang mendukung terciptanya sebuah jaringan computer.
- Switch/Hub. Merupakan perangkat yang menghubungkan komputer satu sama lain agar dapat saling berkomunikasi. Melalui switch/hub dapat diatur lalu lintas data yang ada di jaringan tersebut. Semua kabel dari computer, akan berakhir di port yang ada di switch/hub.
- RJ 45. Merupakan konektor yang dipasang di ujung kabel, yang akan menghubungkan komputer dengan switch atau Hub.
Jika melihat gambar jaringan di atas, untuk menghubungkan komputer dengan switch atau Hub, menggunakan kabel dengan model urutan Straight, yaitu bahwa ujung dari tiap kabel memiliki urutan warna yang sama. Urutan warna yang dimaksud adalah orange putih – orange – hijau putih – biru – biru putih – hijau – coklat putih – coklat. Masing2 ujung kabel menggunakan urutan warna tersebut. Untuk memasang kabel ke dalam RJ45 diperlukan tang crimping untuk menjepitnya.
- Kabel. Jenis kabel yang sering digunakan adalah kabel jenis twisted pair. Dari bentuknya, kabel ini terdiri dari 4 pasang kabel yang saling berlilit dengan warna orange, hijau, biru, dan coklat.
Dari konsep dasar yang ada, kabel jenis ini memiliki jarak maksimal 100 meter, namun berdasarkan kerja lapangan, normalnya tak lebih dari 50 meter. Jika diperlukan kabel yang melebihi 100 meter, digunakan repeater, dan bisa menggunakan Hub dan atau Switch.
- NIC (Network Interface Card). NIC secara bahasa disebut dengan kartu jaringan. Perangkat ini sudah menjadi satu kesatuan pada saat kita membeli komputer. Terkecuali jika kita sendiri yang menginginkan NIC terpisah dan harus beli tersendiri. NIC juga sering disebut dengan LAN Card.
Dengan NIC, komputer dapat terhubung ke dalam jaringan dan saling berbagi data informasi. Port yang ada pada gambar di atas terhubung dengan kabel RJ45 yang baik itu berasal dari Hub – Switch – atau sesama komputer.
 Selain LAN, jaringan computer juga memiliki model lain yaitu WAN dan MAN. Jika pada LAN masih sederhana dengan media switch/Hub sebagai penghubung, untuk WAN dan MAN ditambah router sebagai media transmisi data. Scope jaringannya pun lebih kompleks dibandingkan dengan LAN. Contoh model jaringan tersebut seperti gambar di bawah.
Kira-kira dasar jaringan komputer seperti yang saya share di atas. Konsep dasar tersebut berlaku untuk jangka waktu yang lama. Karena dari dahulu sampai dengan waktu yang akan datang, jaringan komputer semakin banyak digunakan dan semakin berkembang. Makin berkembang teknologi sudah dipastikan mempengaruhi pengembangan jaringan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar