Kamis, 17 Januari 2013

Belajar Tentang Komputer

Diantara bahan pelajaran sekolah yang dulu belum menjadi kebutuhan, dan sekarang sangat dibutuhkan adalah belajar komputer.
Bagi para orang tua, pendidikan sejak dini sangat penting bagi kelangsungan perkembangan anak. Peran penting pun juga dimiliki oleh guru sebagai pengganti orang tua yang memberikan pelajaran di sekolah. Pendidikan yang diberikan tidak hanya formal, tapi juga non formal, atau juga disebut dengan ekstrakurikuler. Media informasi yang saat ini paling mudah selain realita lapangan adalah komputer. Melalui media tersebut, informasi dari yang sederhana sampai dengan yang penting pun bisa dengan mudah didapatkan. Untuk itu perlu informasi terkait agar belajar komputer dapat dilakukan dengan mudah. Sebagai tambahan juga untuk para orang tua, bahwa perkembangan komputer makin lama makin cepat. Di sini lah pentingnya belajar komputer bagi anak-anak kita yang kita sayangi dan kita cintai :).
Saya mencoba posting dengan bahasa yang mudah-mudahan dimengerti anak รข€“anak dalam proses belajar komputer.

Komputer yang saat ini kita ketahui, memiliki makna sebuah alat yang bekerja dengan aliran listrik yang mampu melakukan pengolahan data. Proses pengolahan data tersebut sesuai dengan perintah yang diterima yaitu dari orang yang mengetik melalui keyboard dan mouse komputer. Keyboard merupakan alat yang digunakan untuk menulis perintah kepada komputer berupa huruf A-Z, angka 0-9, serta simbol-simbol khusus lain. Keyboard juga bisa disebut dengan papan ketik komputer. Sedangkan mouse merupakan alat selain keyboard yang juga digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke komputer. Kenapa disebut dengan mouse, hal tersebut karena kabel yang menjulur dianggap seperti ekor tikus :). Gambar keyboard dan mouse komputer seperti yang saya cantumkan di bawah.
Dalam proses belajar komputer, selain keyboard dan mouse, masih ada bagian lain yang menjadi keutamaan dalam sebuah komputer, yaitu CPU dan monitor. CPU merupakan mesin yang ada di dalam sebuah kotak, yang terbagi menjadi beberapa bagian. Di dalam CPU ada listrik yang menjadikan komputer tersebut bisa menyala dan digunakan. Kemudian monitor adalah untuk menampilkan hasil perintah yang tadi dilakukan oleh keyboard dan mouse. Gambar CPU dan monitor adalah seperti di bawah.
Penggunaan monitor dan CPU sangat penting agar kita bisa menggunakan kompter yang kita beli dari toko komputer. Sebagai info saja, bahwa pada saat membeli seperangkat komputer, jangan lupa memastikan kita mendapatkan CPU, monitor, keyboard, dan mouse. Dan juga pastikan dapat menyala agar kita bisa menggunakannya. Dari informasi di atas, kalau keyboard, mouse, CPU, dan monitor digabung, dapat dilihat seperti gambar di bawah.
Selain keempat perangkat di atas, tentu ada perangkat tambahan yang semakin membuat kita nyaman dalam menggunakan komputer. Perangkat tambahan tersebut seperti speaker, mouse pad, stabilizer, dan UPS. Saya akan coba membahas satu per satu sebagai bahan tambahan proses belajar komputer bagi anak kita. Alat yang pertama adalah speaker, yaitu alat yang digunakan untuk pengeras suara. Suara apa yang dikeraskan oleh speaker ? Dalam hal ini adalah suara yang keluar di CPU. Jadi misalkan kita menyalakan lagu, maka secara otomatis suara akan muncul di CPU. Dalam CPU juga ada speaker namun terbatas besar suaranya. Untuk itu perlu speaker tambahan yang diletakkan di luar sehingga suara lagu tadi terdengar lebih keras. Speaker digambarkan seperti di bawah ini.
Kemudian perangkat tambahan berikutnya adalah mouse pad. Mouse pad merupakan alas mouse, sehingga bagian bawah mouse tidak cepat kotor dan tidak cepat rusak. Selain itu dengan menggunakan mouse pad, kita bisa lebih nyaman menggerakkan mouse. Hal tersebut jika meja yang kita gunakan memiliki permukaan yang licin, berwarna transparan, atau kotor.
Perangkat berikutnya adalah stabilizer. Merupakan alat yang berfungsi untuk menstabilkan listrik yang digunakan untuk mengaliri komputer. Listrik yang digunakan untuk menyalakan komputer tidak dapat 100% stabil dan selalu lancar mengalir ke komputer. Untuk diperlukan stabilizer agar proses belajar komputer kita lebih nyaman :). Selain itu akan membuat perangkat komputer kita menjadi lebih awet dan terhindar dari kurang baiknya aliran listrik.
Dan perangkat tambahan lain yang saya informasikan di sini adalah UPS. UPS merupakan alat bantu listrik yang digunakan pada saat listrik mengalami gangguan atau padam. Bahwa pada saat kita menyalakan komputer, kabel power terhubung ke UPS, baik itu kabel CPU maupun kabel monitor. Setelah kedua kabel tersebut menancap ke UPS, barulah kabel UPS yang menancap ke listrik yang ada di rumah. UPS juga memiliki fungsi stabilizer, namun lebih baik menggunakan stabilizer agar beban UPS lebih terbantu. Pada saat kita belajar komputer kemudian listrik padam, karena perangkat komputer kita yaitu CPU dan monitor terhubung ke UPS, maka listrik yang padam tersebut digantikan alirannya oleh UPS. Umumnya yang ada di lapangan, UPS mampu bertahan 20-30 menit. Penggunaannya lebih ke pengamanan dalam menyimpan data dan perawatan perangkat komputer agar tidak cepat rusak. Sebagai contoh jika menggunakan UPS lalu listrik padam, kita masih sempat menyimpan dokumen atau file yang sedang kita ketik dan disimpan dengan normal. Juga dapat mematikan komputer secara normal melalui proses shutdown yang kita pilih melalui tampilan di monitor. Lain halnya jika kita tidak menggunakan UPS, pada saat listrik padam, komputer kita langsung ikut padam, dan kita tidak sempat menyimpan file atau dokumen yang sedang dibuat.
Sekiranya itulah beberapa perangkat tambahan yang digunakan bersama dengan komputer agar suasana belajar komputer kita makin nyaman. Namun pastikan juga berhati-hati dalam menyalakan komputer bersamaan dengan perangkat tambahan tersebut. Hal ini karena semua perangkat tersebut dialiri listrik dengan daya cukup tinggi. Sebagai masukan jika tempat kita meletakkan perangkat komputer tidak ada alas seperti karpet atau yang lain, maka pada saat kita menyalakan komputer hendaknya menggunakan alas kaki.
Semoga belajar komputer anak-anak kita kali ini semakin menarik dan mudah untuk memahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar